Pembuatan
Objek 2D CorelDraw X4
1.Rectangle
2.Ellipse
3.Star
Objek 3D
1.Sphere
2. Torus
3.Cyclinder
Yaitu merupakan salah satu fasilitas untuk menggandakan objek.
1.Buatlah sebuah objek Teapot atau objek
apapun didalam Top ViewPort
2.Pilih Objek yang akan di cloning.
3.Klik menu Edit lalu pilih
Clone.Setelah itu muncul kotak dialog Cloning yang memberikan pilihan
metode
apa yang diinginkan dari objek yang dikloning
4.Pilih salah satu metode misalnya
Copy,Kemudian Klik Ok
B.Mirror
Langkah-langkahnya yaitu ;
1.Buatlah objek yang akan dibuat
Mirror
2.Pilih Objek yang akan dibuat Mirror
3.Klik menu Tools lalu pilih Mirror
4. Setelah itu akan muncul kotak
dialog dari Mirror
-Mirror Axis : Merupakan pilihan sumbu yang akan dijadikan acuan hasil
dari Mirror
- Clone Selection: Metode penggandaan objek seperti halnya pada perintah
Clone
5. Pada kotak dialog diatas pilihlah
salah satu Mirror Axis yang merupakan letak objek hasil metode mirror
6. Ubah nilai pada kotak offset
menjadi 40,yang merupakan jarak antarar objek asal dengan objek hasil
clone.Kemudian pilihlah salah satu metode jarak antara objek asal dengan objek
hasil clone.
Kemudian pilihlah salah satu metode clone selection yang ingin digunakan.setelah itu klik Ok untuk mengakhiri
Kemudian pilihlah salah satu metode clone selection yang ingin digunakan.setelah itu klik Ok untuk mengakhiri
C. Array
Digunakan untuk memperbanyak objek dalam
jumlah lebih dari satu..Objek tersebut dapat digandakan dalam jumlah tertentu
sesuai dengan kebutuhan
Ada 3 Dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array;
Ada 3 Dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array;
-Array 1D
-Array 2D
-Array 3D
Array 1D
Metode ini objek akan digandakan
searah.Langkah-Langkah yaitu :
1.Buatlah sebuah objek yang akan
dibuat array misalnya Sphere
2..Klik select objek lalu
pilih objek sphere tersebut
3.Klik menu Tools lalu pilih Array
4.Maka akan muncul kotak dialog
seperti pada gambar dibawah ini
5. Isilah kotak Totals X dengan nilai
200
6. Pada Array Dimension pilih ID
dengan count=6,kemudian pilihlah salah satu metode penggandaan objek pada
kelompok pilihan Type of Object
7.Klik Ok untuk mengakhiri
Hasil dari metode array 1D
Array 2D
Adalah salah satu metode penggandaan objek terhadap dua sumbu
Langkah-langkahnya yaitu ;
1.Buatlah sebuah objek Teapot pada top Viewport
2.Klik select objek lalu
pilih objek Teapot tersebut
3.Klik menu Tools lalu pilih Array
4. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar
dibawah ini
5. Klik tombol 2D pada Array
Dimension,kemudia ubah nilai Count 1D = 3,dan 2D = 3
6. Isilah nilai kotak Y = 60 pada
kelompok Incrumental Row Offsets
7. Klik Ok untuk mengakhiri
Array 3D adalah salah satu
penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu
Langkah-langkahnya yaitu ;
1.Buatlah sebuah objek Torus pada Top
Viewport
2.Klik select objek lalu
pilih objek Torus tersebut
3.Klik menu Tools lalu pilih Array
5. Klik tombol 3D pada
Array Dimension. Kemudian isilah nilai Count = 3 untuk
1D, 2D, dan 3D.
6. Isilah nilai Y = 100 pada
baris 2D kelompok Incremental Row Offsets.
7. Isilah nilai Z = 100 pada
baris 3D kelompok Incremental Row Offsets.
8. Setelah itu klik OK untuk mengakhiri.
Modifier Objek
A.Bend
Digunakan untuk
membengkokkan objek 3 dimensi.
langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Tube
dengan ukuran Radius 1 = 20, Radius 2 = 30, dan
Height =
100.
2. Klik select object lalu pilih objek Tube tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab menu Modifier List,
kemudian pilih ikon Bend
4. Pada parameters Bend isilah
kotak Angle dengan nilai 60.
5. Pilih Bend Axis Z.
B. TWIST
Modifier Twist merupakan
fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Box
pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
Width=40, dan Height=100.
2. Klik select object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada Command Panel klik
tab Modify lalu klik menu Modifier List, kemudian
pilih
ikon Twist.
4. Ubahlah nilai Angle dari parameters Twist
dengan nilai 90 dan Twist Axis Z.
C.
EXTRUDE(Autodesk maya 2013)
Extrude ini digunakan untuk
membuat ketebalan dari objek 3d tersebut.
Langkah – langkahnya yaitu :
1.Buatlah
sebuah Objek Poligon misalkan Cube
2.Klik objek dan klik kanan pada
mouse..pilih face untuk memilih sisinya
3.Lalu pilih Edit Mesh->lalu
Klik Extrude
4.Hasil Dari Extrude
Operasi Modify
Boolean merupakan operasi matematika
yang artinya beririsan.
1.Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana
objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh.
Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek
yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu
objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu saya akan satukan dengan
kedua gambar ini dengan Union
3. Hasil dari Union
2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang
bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang
baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada
mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan
Intersection
3. Hasil
dari Intersection
3.Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau
dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan
dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan
membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela
atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah
ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.
Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
3.Hasil
dari Subtraction/Difference
4.Cut
.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong
sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam
Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek
4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces
Menjadi On
5.Hasil dari Cut
No comments:
Post a Comment