Bidang
: Video Game Development
Industri
: PC dan mobile Video Games
Didirikan
: 2005
Lokasi
: Austin, Texas, Amerika Serikat
Server
area : Seluruh Dunia
Pendiri
: Gary Gattis, Cinco Barnes, Anthony L. Sommers, Jake Rodgers
Pegawai
: 11-50
Website : www.spacetimestudios.com
Spacetime
studios adalah sebuah perusahaan pengembangan permainan video Independen yang berbasis di
Austin, Texas. didirikan pada tahun 2005 oleh sekelompok pengembang MMO
(Massively Multi-player Online) yang berpengalaman yaitu Gary Gattis, Cinco
Barnes, Anthony L. Sommers, dan Jake Rodgers. dengan segudang pengalaman dalam
mengembangkan game terkenal seperti Wing Commander dan Star Wars Galaxies,
mereka memberanikan diri mendirikan perusahaan independent yang mengembangkan
game dengan tema Sci-Fi RPG (Role Playing Game) .
REKAM
JEJAK
Setahun
setelah
didirikan, spacetime langsung dikontrak oleh perusahaan pengembangan
game yang terkenal bergerak di bidang Game Sci-fi RPG, NCSoft, untuk
ikut ambil bagian dalam pembuatan Game NCSoft bernama Blackstar. salah
satu alasan mengapa NCSoft mempercayakan Spacetime adalah karena
pengalaman
bertahun-tahun personil-personil spacetime dalam pengembangan game
online sudah
tidak diragukan lagi. ini juga merupakan hasil kerjasama jangka panjang
diantara para pegawai kedua perusahaan.
Sayangnya
setelah beberapa tahun menjalani pra-produksi, NCSoft membatalkan kontrak
dengan Spacetime pada Januari 2008. hal ini disebabkan beberapa hal, seperti
keadaan ekonomi yang tidak stabil, peluncuran game Tabula Rassa yang dianggap
sebagai produk gagal, dan juga Strategi penetapan harga para publisher Korea di
pasar game Amerika.
Akibatnya
Spacetime harus memecat 12 pegawai mereka saat itu dan terus mencari cara agar
setidaknya mereka bisa mendapatkan IP Blackstar yang mereka kembangkan dari
perusahaan NCSoft. Semua usaha tersebut baru membuahkan hasil ketika memasuki
Mei 2008. Spacetime berhasil mendapatkan kembali IP Blackstar dari NCSoft.
selain itu mereka memiliki hak paten untuk teknologi dan peralatan pengembangan
game mereka, sebuah game engine yang diberi nama Spacetime Engine. ditulis
dalam bahasa C++ dengan tujuan agar setiap game bisa diakses oleh seluruh pengguna
di seluruh dunia menggunakan media yang beragam (PC, iOS, Anroid).
Agustus
2008, Spacetime membagi tugas kepada para staffnya dalam rangka mencari
publisher baru yang bersedia memasarkan produk mereka dan memamerkan video
demonstrasi game mereka pada pameran tahunan GDC. Pada Juli 2009, Spacetime
mempublikasikan konsep kasar dari Blackstar sebagai pertanda bahwa mereka masih
percaya diri dan tetap berkomitmen dalam mengembangkan projek Blackstar. Tidak
berapa lama, mereka telah menyelesaikan pra-produksi dan mengaku siap
memproduksi Blackstar secara besar-besaran namun setelah itu kembali mengurangi
pegawai mereka menjadi tinggal 6 orang saja. 6 orang tersebut adalah 4 pendiri
ditambah 2 orang rekrutan.
Sepanjang
tahun
2009, Spacetime menghabiskan waktu bereksperimen dengan beragam
aplikasi iOS
sembari terus mempublikasi game buatan mereka secara mandiri diantaranya
game
bertajuk Shotgun Granny dan diputuskan sebuah game MMO terjangkau di
platform
ini menggunakan Spacetime Engine. Memasuki kalender Oktober 2009,
Spacetime
memulai sebuah projek baru dan menyelesaikan mekanisme dasar dari game
baru
mereka yang dinamakan Pocket Legend hanya dalam kurun waktu 3 bulan.
Tidak
berlama-lama, mereka langsung merilis Pocket Legend, sebuah game
bertemakan mobile
MMORPG (Massively Multi-player Online Role Playing Game) awal April
2010.
Spacetime baru mulai melakukan update secara berkala terhadap aplikasi
kreasi
mereka ketika memasuki bulan September 2010 dan mengklaim bahwa aplikasi
mereka dapat dijalankan di berbagai platform dengan sedikit bantuan
investasi dari Insight
Venture Partners.
Pocket Legends
Spacetime
kembali mengumumkan bahwa mereka terus mengembangkan game original mereka,
Blackstar pada tanggal 10 Februari 2011. kali ini nama Blackstar berganti
menjadi Star Legend: The Blackstar Chronicle yang akan resmi dirilis
pertengahan 2011.sebelum rilis resmi pertengahan 2011, Star Legend: The
Blackstar Chronicle kembali dipamerkan untuk ketiga kali dalam sejarah
pengembangannya di pameran tahunan GDC Maret 2011 dan menerima banyak respon
positif, berhasil menarik banyak peminat mulai dari pengguna awam sampai
publisher-publisher besar di bidang industry game.
Star Legends: The Blackstar Chronicle
Setelah
sukses
dengan 2 game sebelumnya, Pocket & Star legends, Di awal tahun 2012
Spacetime merilis game bertajuk Dark Legends. Sayangnya meskipun game
ketiga mereka
tidak sesukses pendahulunya, tapi tetap dapat diterima oleh sebagian
besar pecandu game MMORPG. Guna mengantisipasi hal ini, Spacetime
bertindak cepat dengan mencoba merombak Dark Legends dan mengubah
beberapa
elemen di dalamnya sehingga terciptalah game MMORPG terbaru dan resmi
rilis pada November 2012, Arcane Legends. bisa dibilang Arcane Legends
merupakan
kesuksesan terbesar Spacetime karena mampu menerima penghargaan Best of
MMORPG
2013 dari majalah Forbes, memiliki rating 5 bintang dari 5, dan berada
di
ranking 1 sebagai aplikasi yang sering di unduh di playstore selama
beberapa
minggu.
Arcane Legends
SPACETIME ENGINE
Mesin
pengembang game yang diciptakan oleh Spacetime berbasis bahasa C++. Spacetime
Engine membuat game bisa dimainkan di semua platform yang tersedia(iOS,
Android, Microsoft, Linux, PC, dll), bisa dimainkan dengan semua teknologi
radio transmisi (edge, 3g, 4g, Wi-fi,
dll) yang berjangkauan sangat luas, tidak terbatas pada spesifikasi dan tipe
device yang digunakan, memungkinkan
performa lalu lintas transmisi data antara client dan server lebih efektif dan
konsisten, memungkinkan device pengguna menerima update cepat dari game yang
sedang dimainkan. Pocket legends melakukan update rata-rata setidaknya 2 kali
sehari, dan lebih dari 200 kali dalam kurun waktu 1 tahun.
GAME-GAME TERSUKSES
Sejak
didirikan, Spacetime sukses merilis 4 game terbaiknya yaitu:
·
Pocket
Legends (2010)
·
Star
legends: The Blackstar Chronicle (2011)
·
Dark
Legends (2012)
·
Arcane
Legends (2012)
Game
teranyar spacetime yang rilis di 2013 adalah Battle Dragons, namun saat ini
masih berupa open beta. Rencananya bulan depan atau tepatnya November 2013 baru
akan resmi dirilis. Keunggulan dari game-game Spacetime adalah bisa diakses
dari seluruh dunia, sehingga pemain tidak hanya berinteraksi dengan pemain dari
negaranya sendiri, tapi juga bisa berinteraksi dengan pemain yang berasal dari
Negara lainnya.
Pocket
Legends, Star Legends, dan Dark Legends telah diunduh 15.000.000 kali di lebih dari 200 negara dalam periode
April 2010-Maret 2011. Baik pada platform iOS maupun Android. Dan Arcane
Legends telah diunduh sebanyak lebih dari 1.000.000 kali sejak awal rilis
November 2012 sampai sekarang. Diperkirakan angka ini masih akan terus
bertambah mengingat Arcane Legends tergolong game yang masih muda.
8 Tahun perjalanannya, sejumlah prestasi telah dicapai oleh Spacetime studios. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut
8 Tahun perjalanannya, sejumlah prestasi telah dicapai oleh Spacetime studios. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut
REFERENSI:
Massively Multi-Player LessonsInterview Spacetime Reveals iOS MMO Pocket Legends
GDC online 2010 dan Pembuatan Pocket Legends
STS Merilis Game Terbaru Arcane Legends
No comments:
Post a Comment